Tips Memilih Furniture Untuk Ruang Makan yang Terbatas

Akhir – akhir ini banyak perumahan yang menawarkan hunian compact yang mungil, selain karena keterbatasan lahan di perkotaan hal ini juga dipengaruhi oleh perilaku millenials yang menginginkan fasilitas yang lengkap untuk menampung berbagai aktivitas sekaligus. 

Beberapa juga berpendapat jika hunian tidak lagi menjadi prioritas dalam hidup. Tren yang terjadi adalah gaya hidup yang lebih memilih jalan – jalan atau membeli barang – barang branded karena lebih mudah dibawa kemana – mana. Banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar rumah ikut andil bahwa hunian luas tidak menjadi begitu penting lagi.

 

Ruang Makan Interior

 

Image from : https://vk.com/photo-34237561_456245497

Area ruang makan terkadang dihilangkan bahkan walaupun ada cenderung kecil, namun bukan berarti ruang terbatas tidak mampu memberikan kenyamanan. Berikut  beberapa tips yang mungkin bisa menginspirasi Anda. Yuk simak tips berikut.

 

1. Fold atau Flip

Meja yang bisa dilipat atau didorong ke dinding menjawab kebutuhan Anda sekaligus dapat menghemat ruang dengan baik. Meja hanya dibuka ketika Anda sedang menggunakannya dan ketika tidak terpakai meja tidak akan memenuhi ruangan. Jangan lupa memilih kursi makan yang dapat dilipat atau ditumpuk sehingga lebih ringkas secara keseluruhan.

 

Ruang Makan Minimalis

 

Image from : https://www.sfgirlbybay.com/2016/08/02/the-latest-styling-from-laura-seppanen/

 

2. Round Table

Meja makan bundar adalah pilihan tepat jika Anda memiliki ruang makan yang agak kecil namun Anda senang mengundang keluarga atau kolega untuk makan bersama.  Ketika Anda ingin menambahkan kursi Anda tidak akan kesulitan dengan sudut meja. Pilihlah kursi makan yang ramping dan tanpa lengan atau pilihlah kursi model stool yang tanpa punggung sehingga memudahkan pergerakan tubuh. Sebelum memutuskan, Anda dapat membaca Dining Chair Questionnaire berikut.

 

Costa Dining Chair

 

Dexter Round Dining Table & Costa Dining Chair

 

3. Multi Purpose

Kita pasti sering menggunakan meja makan sebagai tempat belajar atau sekedar membaca, dengan ruang seadanya meja makan dapat berfungsi sebagai ruang untuk menerima tamu dan berfungsi juga sebagai meja kerja. Dengan satu meja dan kursi model bench seperti di bawah ini mampu menampung lebih banyak orang.

 

Multi Purpose

 

Image from : https://www.hellomagazine.com/homes/2018082861635/small-dining-room-ideas/

 

4. Cermin

Benda ajaib yang selalu ada untuk ruang sempit adalah cermin. Benda ini mampu memantulkan benda di depannya sehingga kita merasa memiliki ruang di seberang sana. Cermin juga dapat memantulkan cahaya sehingga ruangan menjadi lebih terang. Atau Anda juga dapat mempraktekkan ini: 10 Trik Membuat Ruangan Terkesan Lebih Luas 

 

Aztec Dining Chair

 

Savoy Round Dining Table & Aztec Dining Chair

5. Balkon

Mengapa tidak mencoba untuk memanfaatkan balkon Anda sebagai ruang makan? Dengan meja custom seperti ini suasana makan Anda menjadi tidak membosankan, makan dengan pemandangan sekitar yang menawan. Tapi Anda tentu saja harus memperhatikan keadaan sekitar jika tidak memungkinkan. Selamat mencoba! :)

 

Outdoor Dining Set

 

Image from : https://mydesiredhome.com/how-to-manage-a-small-balcony-to-create-a-cozy-space-55-wonderful-ideas/

 

Simak Juga Mengenai Tipe-tipe Kursi yang Perlu Anda Ketahui