My Cart

Close

10 Trik Untuk Membuat Ruangan Terkesan Lebih Luas

Posted on February 18 2020

Ruangan yang nyaman adalah ruangan yang dapat mengakomodasi kegiatan kita dengan baik. Nyaman tidak selalu harus luas. Menata ruangan yang luas mungkin bukanlah hal yang sulit. Tapi bagaimana bila ruangan yang akan kita dekor adalah ruangan yang berisi banyak barang atau ruangan yang sempit dengan banyak fungsi di dalamnya?
Dengan menyiasati penataan yang tepat, ruangan kecil pun dapat terasa lebih luas. Berikut beberapa cara yang dapat ditempuh agar ruangan dapat digunakan secara maksimal.

 

  1. Beri efek pantulan

Cermin memberikan efek pantulan terhadap benda – benda di depannya. Hal ini dapat membuat ilusi optik ruangan terlihat dua kali ukuran sebenarnya. Cermin besar dari lantai sampai plafond merupakan cara paling efektif, namun Anda masih tetap bisa menambahkan cermin yang lebih kecil.  Tempatkan di seberang jendela atau di belakang sumber cahaya (lampu atau lilin). Selain itu, cermin dapat memantulkan cahaya ke seluruh ruangan dan menjadikan interior lebih cerah. Silahkan cek koleksi mirror Vinoti Living, mungkin ada yang cocok dengan ruangan di rumah Anda.

Room with mirrors   

  1. Pencahayaan alami

Dengan membuka penutup jendela dan membiarkan banyak cahaya alami masuk ke dalam ruangan, Anda menghubungkan ruangan dalam dengan alam terbuka. Selain cahaya alami yang masuk, dengan melihat langsung ke luar ruangan Anda akan merasakan juga bahwa ruangan terasa lebih luas. Jika ruangan Anda cenderung gelap karena kurangnya bukaan, Anda tetap dapat mengoptimalkan pencahayaan dengan lampu hias atau table lamp.

Ricard sofa_Sedona coffee table

 

  1. Furniture ramping

Memilih furniture yang kakinya terekspos mampu menciptakan kesan ringan juga memungkinkan cahaya masuk ke sela – sela kaki. Selain itu Anda akan mempunyai ruang lebih untuk penyimpanan di bawahnya. Sebaiknya jangan gunakan sofa dengan dudukan dan sandaran yang tebal karena akan mempersempit ruangan dan terkesan sesak. Beberapa koleksi kami yang dapat Anda pilih yakni Chelsea, Soho, Slimline, dll.

 

  1. Selalu rapi

Singkirkanlah benda yang sudah tidak terpakai lagi. Pilah dan simpanlah di gudang benda yang tidak akan digunakan lagi dalam waktu yang lama. Ruangan yang selalu rapi dan tertata akan terlihat teratur dan lebih lapang.

 

  1. Rencanakan susunan furniture

Jika Anda sudah terlanjur memiliki furniture yang besar, tempatkanlah yang paling besar terlebih dahulu dekat dengan dinding. Lalu furniture yang kecil saling berhadapan. Usahakan untuk tidak menghalangi sirkulasi ruangan. Apabila memungkinkan, hindari sekat antar ruangan. Anda dapat memisahkannya dengan rak terbuka, accent table, maupun motif karpet yang berbeda. 

Hampton Sofa_serengeti lounge chair

 

  1. Rak yang tinggi

Manfaatkan ruang vertikal dengan menggunakan rak setinggi plafond. Anda akan mendapatkan cukup ruang untuk menempatkan barang – barang Anda sekaligus membuat ruangan terlihat lebih tinggi.

 Source : https://id.pinterest.com/pin/373939575309565709/

 

  1. Hindari penggunaan motif ‘besar’

Pola dalam suatu ruangan memang menciptakan nuansa tertentu. Motif besar memberikan kesan sesak pada ruangan kecil, oleh karena itu hindari penggunaan sofa atau wallpaper dengan motif besar. Untuk ruang kecil, sebaiknya motif besar digunakan sebagai aksen saja seperti pada cushion cover & table runner. Apabila Anda benar – benar ingin memiliki motif dekorasi untuk sofa, karpet dan wallpaper maka sebaiknya pilihlah motif kecil.

 

  1. Pilih warna – warna terang

Pilihlah warna terang sebagai warna dominan dalam ruangan. Dinding berwarna terang lebih reflektif dan memaksimalkan efek yang diciptakan oleh cahaya alami. Warna gelap dapat digunakan sebagai kontras. Anda dapat memadupadankan antara warna dinding, sofa, meja. Vinoti Living memberikan kemudahan dalam menentukan warna untuk sofa dan beberapa furniture kayu Anda, sehingga dapat disesuaikan dengan ruangan. Silahkan cek di Fabric & Material Details.

 

  1. Gunakan furniture multifungsi

Ketika akan membeli furniture pertimbangkan untuk memilih furniture yang dapat digunakan menjadi beberapa fungsi, misalkan sofa yang bisa digunakan sebagai tempat tidur ketika tamu menginap. Atau meja yang memiliki ruang penyimpanan untuk menyimpan barang yang sudah tidak Anda gunakan. Bererapa koleksi Vinoti Living dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut misalnya La vida Storage 3-Seat Sofa Bed, Nara Daybed, Dexter Rectangular Coffee Table, beberapa Ottoman dan masih banyak lagi.

La Vida Storage Sofa Bed

 

Dexter Storage Coffee Table

Dexter Coffee Table

  

  1. Pajang hiasan dinding ukuran besar

Anda mungkin memiliki banyak koleksi yang sangat ingin Anda pajang di dinding. Namun apabila ruangan Anda sempit sebaiknya Anda memilih ukuran yang besar saja. Karena pajangan kecil dalam jumlah banyak cenderung membuat ruangan terkesan berantakan dan sempit. Jika Anda tetap ingin memajangnya, carilah bidang dinding yang khusus berisi pajangan kecil tersebut dan susunlah dengan rapi. Anda dapat memilih koleksi hiasan dinding dari Vinoti Living yang cocok dengan ruangan Anda disini.

Panam L-shape sofa and Dexter Coffee Table

 

Apakah Anda memiliki tips dan trik lain untuk membuat ruangan lebih luas? Kami yakin masih banyak lagi tips menarik dari Anda. Silahkan isi komentar di bawah ini untuk berbagi tips menarik lainnya.

 

0 comments

Leave a comment

All blog comments are checked prior to publishing