My Cart

Close

Tipe-tipe Kursi yang Perlu Anda Ketahui

Posted on June 17 2020

 

Sadarkah Anda bahwa setiap gaya ruang dapat terwakili oleh sebuah kursi? Selain faktor gaya ruang, tipe-tipe kursi juga didaptasi dari fungsinya untuk memberi kenyamanan, terlebih untuk kursi dengan pelapis / upholstered.

 

Ada begitu banyak gaya yang berkembang dalam mendesain sebuah kursi, maka dibuatlah beberapa klasifikasi yang menarik untuk kita ketahui.

Berikut tipe-tipe kursi yang mungkin sering kita temukan:

 

1. Tub Chair

    Nama kursi ini berasal dari seorang desainer Amerika bernama Charles F Montgomery karena kursinya mirip dengan bak mandi. Namun sebelumnya kursi ini dipercaya berasal lebih dari 250 tahun lalu di Perancis pada abad ke 18. Yang pertama menggunakan kursi ini adalah Raja Louis XV ketika mengadakan pengadilan. Hingga akhirnya beritanya tentang kenyamanan kursi ini pun menyebar ke Inggris Victoria sebagai kursi pelengkap di klub yang populer.

    Struktur kursi tub memungkinkan seluruh tubuh untuk bersantai dan menyandarkan lengan sehingga Anda dapat melemaskan otot – otot punggung dan tulang belakang. Kursi ini sangat direkomendasikan untuk pasien yang menderita cedera punggung. Kursi tub dapat diatur secara berpasangan dengan tambahan Side Table sehingga terlihat rapi dan menarik.

    Chelsea 1-seat sofa
    Chelsea 1-Seat Sofa

     

    2. Wing Back Chair

    Kursi ‘Wing Back’ memiliki perjalanan panjang selama tahun 1600-an di Inggris namun baru mulai terkenal pada tahun 1720. Awalnya kursi ini diciptakan untuk melindungi diri dari angin atau panas berlebihan saat duduk di depan perapian. 

    Kini Kursi Wing Back banyak digunakan di ruang baca karena sangat cocok untuk meletakkan kepala ketika membaca atau sekadar menyandarkan kepala untuk tidur siang. Selain karna fungsinya tersebut, kursi gaya ini boleh dibilang abadi dengan gayanya yang antik ditambah detail kancing pada bagian punggung menambah kesan mewah.

    Verona Wing Chair + Ottoman
    Verona Wing Chair + Ottoman

     

    3. Bergere

    Kursi ini dikenal sebagai kursi raja dengan sebutan “Fauteuil” yang berarti “kursi” dalam bahasa Perancis. Muncul pada tahun 1600 mendekati akhir masa pemerintahan Louis XIV di Perancis dan sangat terkenal masa itu. Seiring berjalannya waktu desainnya dibuat menjadi lebih nyaman. Sampai pada era Régence (tahun 1710 – 35) membawa gaya lengkung yang simetri. Detail keseluruhan juga menjadi lebih bebas dengan adanya ukiran dan aksen tambahan.

    Kursi Bergere lebih elegan daripada Wing Back tetapi dalam hal kenyamanan sama baiknya dengan kursi Tub. Kursi ini memadukan antara kenyamanan dan keindahan dengan sangat baik.

    Belle 1-seat Sofa
    Belle 1-Seat Sofa

     

    4. Slipper

    Muncul pertama kali pada awal abad ke 18 di Eropa, kursi ini mempunyai dudukan lebih rendah daripada kursi pada umumnya. Zaman dahulu wanita mengenakan rok yang berlapis – lapis sehingga kesulitan ketika hendak memakai alas kaki maka Ia harus duduk di kursi lalu dibantu pelayannya untuk mengenakan sandal sutra atau sepatu di kamarnya. Oleh karena alasan inilah dinamakan kursi Slipper.

    Pada tahun 1950-an, seorang dekorator asal Amerika yakni Billy Baldwin membawanya keluar dari kamar dan mendesain ulang kursi ini, memberikannya sentuhan moden.

    Kursi ini sudah digunakan di banyak hunian, fungsinya pun tidak lagi hanya untuk memakai sepatu, namun menjadi kursi tambahan yang bagus untuk ruangan yang agak kecil mengingat ukurannya yang juga tidak terlalu besar.

    Loft Lounge Chair

     

    5. Lawson Arm - Chair

    Lawson Arm – Chair dibuat pertama kali untuk memenuhi pesanan langsung dari pengusaha dan penulis Thomas Lawson. Kursi ini memiliki lengan kursi yang lebih rendah dibandingkan dengan punggungannya. Bentuk lengan biasanya berbentuk lengkung atau persegi. Seiring waktu tampilan desainnya menjadi lebih sederhana dan elegan daripada saat pertama kali dipesan. Sesuai untuk dekorasi bergaya klasik maupun kontemporer.

    Boston 1-Seat Sofa

     

    6. Club Chair

    Terinspirasi dari sofa Chesterfield yang sangat populer pada abad ke 17 di Inggris dimulailah untuk mengadopsinya menjadi sebuah Club Chair. Alasannya karena nyaman, empuk dan juga penampang dudukan yang lebar sehingga dikenal sebagai fauteuil confortable atau comfortable chair. Club Chair pada awalnya dibuat di perancis dengan menggunakan bahan kulit.

    Namun untuk penamaannya sendiri tidak diketahui secara pasti, walau ada kemungkinan terilhami dari gentlemen’s club atau klub pria kelas atas di Inggris pada abad ke-18.

    Newbury Club Chair

     

    7. Occasional Chair

    Dilihat dari sejarah, kursi aksen sebenarnya berfungsi sebagai kursi tambahan ketika ada tamu datang ke rumah Anda namun tidak cukup. Sehingga kursi aksen ini jarang digunakan. Namun ketika dilihat dengan pendekatan kontemporer kursi aksen mampu menambah estetika ke dalam ruangan, untuk menyatukan pola warna atau malah menampilkan detail dari kursi itu sendiri.

    Serengeti Chair

    Serengeti Lounge Chair

    Semoga dapat memberikan gambaran kepada Anda tentang tipe - tipe kursi yang kebanyakan dipakai untuk mendekorasi sebuah ruangan agar nampak elegan. Jangan lupa cek website kami untuk mengetahui koleksi apa saja yang kami miliki. Selamat mendekor!!

     

    Diolah dari berbagai sumber :

    https://medium.com/learning-about-interior-design/7-main-types-of-upholstered-chairs-4ff3e4e1f03a

    https://www.livspace.com/in/magazine/seating-types-of-chairs

    https://www.trentfurniture.co.uk/news/articles/where-do-tub-chairs-come-from-508

    https://www.theenglishsofacompany.co.uk/blog/2015/07/brief-history-of-the-wing-chair/

    https://www.thespruce.com/slipper-chair-1391618

    https://antiquesworld.co.uk/antique-bergere-chairs/

    https://www.nytimes.com/1989/06/25/magazine/design-slipper-chairs.html

    https://homeworldhawaii.com/2015/04/10/the-history-of-the-classic-slipper-chair/

    https://www.thespruce.com/occasional-chairs-1391722

    https://www.epichomeideas.com/different-types-of-chairs/

    https://www.ballarddesigns.com/howtodecorate/2014/08/why-we-love-an-occasional-chair/

     

    0 comments

    Leave a comment

    All blog comments are checked prior to publishing