Memilih Meja Kopi yang Tepat untuk Ruang Tamu

 

Tuscany U-Shape Sofa

Pernahkan saat Anda sedang duduk di sebuah lounge atau berkunjung ke rumah kolega dan mendapati coffee table / meja kopi-nya terasa nyaman untuk meletakkan sesuatu di atasnya? Banyak dari kita yang mengutamakan kenyamanan duduk hanya dari sofa, padahal coffee table juga mempunyai peranan penting bahkan secara fungsional lebih banyak. Mulai dari dari meletakkan secangkir kopi, meletakkan buku, remote TV, dan aksesoris lain.

 

Sungguh menyenangkan jika kita menemukan coffee table / meja kopi yang sesuai. Apabila Anda sedang mencari atau berniat mengganti coffee table di rumah, simak tips berikut.

 

1. Ukuran Meja dan Bentuk Ruang

Anda dapat memulainya dari mengukur tinggi dudukan sofa Anda untuk mencari coffee table yang tingginya sejajar atau  2 - 5 cm sedikit lebih rendah. Sedangkan panjangnya sekitar 2/3 dari panjang sofa Anda. Meja yang kecil lebih baik daripada meja yang terlalu besar.

 

Ukuran Meja dan Bentuk Ruang

Setelah itu ukur jarak sirkulasi sekitar 30 – 40 cm dengan memperhatikan besaran ruangan. Jika di ruangan Anda terdapat  meja TV, setidaknya beri jarak sekitar 60 – 75 cm. Hal ini juga dapat menentukan bentuk yang diperlukan apakah bulat, persegi, persegi panjang atau oval dan tergantung gaya ruangan pilihan Anda.

 

Ukuran Meja dan Bentuk Ruang

 

2. Material Meja

Selain terbuat kayu, rotan, logam, marmer, mungkin kaca merupakan material Coffee Table yang bisa dipertimbangkan karena mudah dibersihkan juga menimbulkan kesan ringan nan elegan. Terlihat sangat modern secara visual bahkan Anda dapat melihat barang yang diletakkan di bawahnya.

 Rio Rectangular Coffee Table

 

3. Sirkulasi Ruang

Apakah di rumah Anda ada anak – anak kecil yang senang berlarian kesana kemari? Mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk memilih bentuk Coffee Table tanpa sudut seperti lingkaran atau oval untuk meminimalisir kecelakaan karena terkena sudut meja.

Sedona Coffee Table Newbury Coffee Table

  Sedona Coffee Table & Newbury Round Coffee Table

 

4. Fungsi

Apakah Anda membutuhkan coffee table hanya untuk meletakkan minuman saja atau sebagai tempat penyimpanan barang seperti remote TV, buku, cushion cover atau selimut? Hal ini tentu juga menjadi pertimbangan penting karena bentuk akan mengikuti fungsinya. Ketika Anda mempunyai barang untuk disimpan sedangkan Coffe Table Anda sangat minimalis maka itu tidak akan banyak membantu Anda. Begitu pula sebaliknya Coffee Table yang tidak mempunyai bagian untuk menyimpan barang menimbulkan kesan bersih dan ringan sehingga terlihat lebih luas.

 

Coffee Table
Hampton 3-Seat Sofa

 

   Dexter Rectangular Coffee Table & Chelsea Round Coffee Table

 

5. Finishing

Sebuah Coffee Table dengan intensitas penggunaan yang tinggi harus mempertimbangkan untuk finishing yang tahan air, tahan gores dan tahan beban. Memakai bahan logam sebagai konstruksi membuatnya terlihat kokoh. Finishing glossy sesuai untuk Anda yang intensitas pemakaiannya tidak terlalu banyak, sehingga tampilan kemewahannya tetap terjaga.

 

Slimline L-Shape Sofa
 
Hampton 3-Seat Sofa

 

Slimline Round Coffee Table & Hampton Coffee Table

Nah, dari poin-poin diatas, kira-kira meja kopi / coffee table seperti apa yang sesuai untuk ruang tamu Anda? Cek koleksinya disini dan jangan ragu untuk bertanya kepada kami. Anda bisa hubungi kami melalui WhatsApp atau telepon di 021 8590 0505. Selamat berbelanja!

 

Simak Juga Mengenai Tips Memilih Furniture untuk Ruang Makan yang Terbatas