My Cart

Close

How to Create a Safe Living Room for Children?

Posted on September 02 2020


 

 

 

 

 

Ruang keluarga merupakan ruang yang paling sering digunakan mengingat letak ruangan yang biasanya berada di jantung rumah. Sepanjang hidup kita habiskan untuk berkumpul bersama keluarga di ruangan ini mulai dari masih anak - anak sampai menjadi tua.

Oleh karena itu, kita harus memastikan kenyamanan dan keamanan ruang keluarga agar tidak menimbulkan bahaya.

Image taken from Eric Wibowo Interiors
 
Product : Tribeca 3-Seat Sofa

 

 

Ruang keluarga diisi oleh berbagai macam furniture, dengan tata letak yang tepat maka ruang akan terasa nyaman sekaligus aman. Apakah ruang keluarga Anda juga merangkap sebagai ruang tamu atau ruang hiburan, santai, bahkan tempat Anda bekerja? Jika demikian, bagaimana sebaiknya kita menata furniture yang aman dan tepat untuk ruang keluarga yang fungsinya beragam terutama bagi anak-anak? Mari kita simak ulasan berikut.

 

Pertama, menentukan tujuan ruangan. Selain yang tersebut di atas apakah ada tujuan lain yang ingin dilakukan di ruangan ini. Apakah furniture yang dipakai akan cukup menampung untuk sekian banyak kegiatan? Apakah Anda menginginkan nuansa kehangatan keluarga atau Anda ingin kesan formal? Apa saja yang dibutuhkan? Misalnya coffee table, side table, TV Bench dan berapa rak penyimpanan yang dibutuhkan? Atau Anda juga mempertimbangkan perabot yang bisa menyimpan mainan anak sekaligus?

 

Dexter Shelving

 

Kedua, apakah Anda menginginkan ruang keluarga yang terbuka dan menyatu dengan ruang lain (open space) atau tertutup untuk menjaga privasi? Karena privasi merupakan kenyamanan yang ingin dipertahankan beberapa keluarga agar tidak terganggu oleh aktivitas lain, seperti menerima tamu dan sebagainya.

 

Image taken from Patio Design
Product : Calla L-Shape 3-Seat Sofa

 

Ketiga, besaran ruang keluarga akan sangat berpengaruh terhadap pemilihan furniture. Mungkin Anda akan leluasa memilih sofa dan meja kopi yang besar untuk ditempatkan dalam ruang keluarga yang luas, namun untuk ruang keluarga yang kecil sebaiknya pilihlah furniture yang proporsional agar sirkulasi ruang tetap lancar. Cobalah untuk bereksperimen dengan menjauhkan tempat duduk Anda dari dinding. Tidak selamanya furniture yang didorong ke dinding memberikan kesan luas terhadap ruangan.

 

Tata letak berikut dapat Anda jadikan referensi dalam menata perabot di ruang keluarga. Intinya adalah ukuran dan penataan perabot yang tepat dapat membuat ruang yang lebih kecil sekalipun tetap nyaman dan aman :

1. Penataan Bentuk U

Penataan furniture bentuk U merupakan penataan tempat duduk paling nyaman. Sesuai untuk ruang keluarga berukuran besar. Penataan ini memastikan titik fokus berada dalam satu titik baik itu televisi maupun pemandangan luar yang indah.

 

2. Penataan Bentuk H

Penataan sofa dan kursi yang saling berhadapan membentuk huruf H ini sesuai untuk ruangan yang ingin terlihat rapi namun terkesan tidak terlalu resmi. Efisien untuk ruang keluarga yang memungkinkan pengguna yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Kelebihannya yakni memiliki jalur sirkulasi yang lebih banyak dan tempat duduk 1-seat membuatnya lebih personal.

 

 3. Penataan Bentuk L

Penataan sofa atau tempat duduk berbentuk L biasanya menempatkan tempat duduk pada sudut ruangan. Penataan seperti ini dapat dipilih untuk menimbulkan kesan kasual, membuat perbincangan lebih santai. Penataan bentuk L sangat cocok untuk rumah Anda jika sedang dalam pengawasan baik kepada anak-anak maupun orang tua karena sudut pandangan yang cukup lebar ke area yang terbuka.

 

4. Penataan Bentuk Simetri/Pararel

Penataan secara simetris merupakan penataan yang paling populer untuk menciptakan kesan formal. Keseimbangan antara dua sofa sejajar ini menimbulkan interaksi yang saling berhadapan. Sebaiknya tentukan titik fokus utama dalam ruangan ini misalnya aksesoris, lukisan maupun hiasan dinding untuk mencapai tampilan simetris secara keseluruhan.

 

Yang terakhir adalah bentuk  dan finishing material, akhir – akhir ini banyak kita jumpai toko yang menjual furniture dengan kualitas mumpuni. Usahakan memilih furniture dengan tepian yang halus, tidak tajam untuk meminimalisir luka ketika tidak sengaja terantuk. Perhatikan pula bentuk kaki – kaki meja dan kursi, usahakan bentuk kakinya tidak terlalu menonjol keluar agar tidak menyandung kaki ketika melintas.

Penempatan aksesoris yang mengisi ruang keluarga juga harus dipertimbangkan. Sangat penting untuk memikirkan dimana meletakkan aksesoris secara indah dan aman, terutama bagi yang memiliki anak kecil yang seringkali berlarian di dalam rumah. Hindari meletakkan barang pecah belah di tempat yang mudah dijangkau anak. Untuk Anda yang tidak mau direpotkan dengan kegiatan mengganti suasana ruang keluarga beberapa bulan sekali mungkin cara ini sangat membantu Anda untuk jangka panjang.

Hal penting yang juga sering luput dari kita adalah mengukur bukaan pintu, lebar koridor maupun tangga, jangan sampai Anda sudah membeli furniture mahal namun tidak muat masuk ke dalam rumah. Sebagai pertimbangan, Anda dapat membaca tips lainnya, yakni :

Memilih Meja Kopi yang Tepat untuk Ruang Tamu

4 Pieces of Living Room Furniture You Shouldn't Be Without

10 Trik Untuk Membuat Ruangan Terkesan Lebih Luas

Jika Anda sedang mencari furniture untuk ruang keluarga dan membutuhkan saran demi kenyamanan jangan ragu untuk menghubungi kami di Whatsapp atau datanglah ke store terdekat Anda. Selamat mendekor!!

 

Diolah dari berbagai sumber :

https://www.luxdeco.com/blogs/styleguide/fail-safe-living-room-plans

https://www.amishoutletstore.com/blog/how-to-choose-living-room-furniture/

https://www.thespruce.com/rules-for-arranging-furniture-2213418

https://www.apartmenttherapy.com/10-ways-to-lay-out-a-living-room-sample-floorplans-249869

0 comments

Leave a comment

All blog comments are checked prior to publishing