My Cart

Close

Table Manners di Indonesia

Table Manners di Indonesia
(Photo via Shutterstock)

Table Manners adalah aturan/etika makan yang digunakan saat orang makan di meja makan. Etika makan mencakup juga tata cara penggunaan alat makan dan peralatan yang sesuai. Budaya yang berbeda akan mendatangkan aturan atau etika yang berbeda dalam hal tata cara makannya juga.

 

 (Photo via Shutterstock)

Berikut contoh etika makan yang ada di Indonesia. Ketika Anda menghadiri makan malam keluarga, kursi disediakan untuk orang yang paling dihormati atau orang tua. Jika orang tua belum duduk, maka orang lain yang menghadiri makan malam tidak diizinkan untuk duduk. Makan malam baru dapat dimulai  setelah para orang tua terlebih dahulu makan. Anda juga tidak diperbolehkan bersuara saat mengunyah makanan.

 

Peralatan makan yang digunakan di Indonesia

 

Etika makan di Indonesia pada dasarnya adalah kombinasi etika makan umum dan etika makan tradisional yang diterapkan di Indonesia. Acara yang berbeda menggunakan etika makan yang berbeda. Misalnya, saat Anda menghadiri acara adat seperti upacara pernikahan adat, Anda akan menggunakan tata cara makan tradisional. Tetapi ketika Anda diundang ke makan malam formal oleh kenalan dan teman Anda, maka Anda harus menggunakan etika makan yang umum.

Berbeda dengan negara barat yang biasanya makan dengan menggunakan garpu dan pisau, di Indonesia kebanyakan orang makan dengan menggunakan sendok dan garpu. Beberapa orang lainnya bahkan makan dengan menggunakan tangan, terutama saat makan dalam upacara adat. Umumnya alat makan yang digunakan dalam etika makan di Indonesia adalah:

 1. Sendok dan Garpu

Sendok dan garpu adalah alat makan yang paling umum digunakan dalam etika makan di Indonesia. Makan dengan menggunakan sendok dan garpu sudah menjadi hal yang lumrah di Indonesia. Biasa kita akan memegang sendok dengan tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Sendok untuk mengambil makanan dari piring Anda dan garpu digunakan untuk memiringkan makanan atau untuk membantu Anda membawa makanan ke sendok.

 

2. Garpu dan Pisau

Jika Anda makan di restoran atau diajak makan malam formal di Indonesia, Anda dapat makan dengan menggunakan garpu dan pisau. Pada dasarnya etika makan yang diterapkan saat Anda makan dengan menggunakan garpu dan pisau tidak terlalu berbeda dengan etika makan pada umumnya yang diterapkan secara internasional. Letakkan garpu di tangan kiri dan pisau di tangan kanan.

 

3. Sumpit

Dalam beberapa kesempatan, Anda mungkin diundang untuk makan makanan dengan menggunakan sumpit. Peganglah sumpit dengan tangan kanan Anda. Keduanya harus berada di tangan kanan dan gunakanlah untuk mengambil makanan dari piring atau mangkuk dan makananlah dengan menggunakan sumpit.

 

4. Makan menggunakan Tangan   

Anda juga bisa makan dengan menggunakan tangan di Indonesia. Teknik ini dianggap sebagai hal yang umum dan banyak restoran yang mengizinkan Anda menyantap makanan menggunakan tangan Anda. Meskipun begitu makanlah dengan menggunakan tangan kanan Anda.

 

 

Kesimpulan:

Sekian etika makan yang diadaptasi di Indonesia. Beberapa diantaranya diadaptasi dari budaya tradisional seperti makan menggunakan tangan dan sebagian di adaptasi dari budaya barat seperti menggunakan peralatan seperti sendok, garpu dan pisau untuk acara makan formal di restoran. Manakah table manners/etika makan yang sering Anda/keluarga lakukan? Silahkan tulis di kolom komentar.