Tips Menonton TV Dengan Nyaman

Tips Menonton TV Dengan Nyaman

Salah satu kegiatan favorit Anda sekeluarga bersama anak anak pastinya acara menonton TV bersama di ruang keluarga. Namun bagaimana cara untuk mendapatkan kenyamanan saat menonton?

  

Tips Menonton TV Dengan Nyaman
     
Selama berjam-jam itu, Anda perlu menyadari posisi yang nyaman untuk menonton. Selain dari pemilihan sofa dan posisi duduk, kenyamanan ini juga didapatkan dari jarak antara lensa mata Anda dengan layar TV. Hal ini menghindari kerusakan pada mata apabila posisi menonton tidak ergonomis.

 

Penempatan yang terlalu dekat atau jauh akan berdampak pada kesehatan mata Anda.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan kenyamanan saat menonton TV atau sekedar binge-watching film favorit:

  

1. Jarak Pandang

Pentingnya mengetahui ukuran TV berguna untuk membantu proses menentukan jarak penempatan TV. Ada banyak ukuran TV yang mungkin salah satunya Anda miliki.

 

Diantara nya seperti TV ukuran 42 inch, 50 inch, 55 inch, 65 inch, 75 inch, dan yang terbesar berukuran 85 inch. Melihat keberbagai jenis TV yang ada, jenis 4K dan HD merupakan jenis TV yang sering digunakan.

 

Dari mengetahui spek TV yang dimiliki, Anda bisa mengetahui jarak penempatannya.

 

 

2. Standar Jarak Penempatan berdasarkan Ukuran TV

Menonton TV tidak akan merusak mata jika ditempatkan pada jarak aman. Selama Anda dapat melihat dengan jelas dan nyaman, maka mungkin jarak menonton TV Anda sudah benar.

 

Menurut salah satu posting-an World of Engineering, jarak penempatan dibagi berdasarkan ukuran dan jenis TV, masing masing memiliki standar jarak yang berbeda.

 

Standar Jarak Penempatan berdasarkan Ukuran TV
 
Image : Standar Jarak Penempatan berdasarkan Ukuran TV

  

3. Penempatan TV dan Posisi Menonton

Letak TV pada ruangan berkaitan dengan posisi saat menonton. Kesadaran ini membantu Anda untuk terhindar ketegangan mata. Digantung menempel pada dinding atau diletakkan di atas meja, layar perlu sejajar setinggi mata atau lebih rendah untuk mencegah ketegangan otot mata dan leher agar tidak terasa pegal.
 

Penempatan TV dan Posisi Menonton

Image : Penempatan TV dan Posisi Menonton

 

Jika layar terlalu atas, akan membuat Anda memaksakan kinerja mata dan pada akhirnya akan menyebabkan otot mata menjadi terlalu lelah. Hindarilah penempatan TV ekstrim dan posisi duduk yang tidak biasa.
    
Posisikan tubuh senyaman mungkin agar terhindar dari hal hal yang merugikan tubuh Anda dan tempatkan layar sesuai standar jarak. Lalu lengkapi kegiatan menonton di ruang keluarga dengan persediaan makanan ringan. Membuat Anda sekeluarga tambah senang dan nyaman di atas sofa. Sofa ini  akan membuat Anda nyaman selama menonton.