My Cart

Close

Pentingnya Menjaga Kebersihan Furnitur Rumah Anda

Pentingnya Menjaga Kebersihan Furnitur Rumah Anda

Tidak hanya menjaga kebersihan rumah agar hunian menjadi lebih bersih dan sehat. Anda juga perlu merawat semua furnitur di dalam hunian Anda. Furnitur yang terawat kebersihannya dapat mencapai waktu pemakaian maksimal, hal ini akan menguntungkan kita dalam menghemat anggaran belanja. Dan tentunya dengan furnitur yang bersih lebih terasa nyaman.

 

Bagi kita yang tinggal di negara tropis, permukaan furnitur dapat menjadi kotor lebih cepat. Tungau, debu dan mungkin bakteri dapat tumbuh. Debu dan bakteri yang terjebak ke dalam sofa dapat menyebabkan masalah pernapasan dan bahkan alergi karena membuat kualitas udara rumah menjadi kurang baik.

Image: https://www.cansadecor.com/Membersihkan-Furnitur.jpg

 

Jadi, membersihkan secara rutin bertujuan untuk membunuh bakteri yang mungkin tumbuh pada furnitur Anda. Cara membersihkan yang tepat akan membantu menghilangkan debu dan alergen yang menyebabkan masalah.

Material pada sofa misalnya, adalah tempat yang baik bagi bakteri untuk tumbuh, jika tidak membersihkannya secara teratur, bakteri ini akan terus berkembang biak.

Ada berbagai macam furnitur dengan banyak jenis material yang digunakan. Artinya, perawatan masing-masing furnitur juga berbeda. Lalu bagaimana cara merawat kebersihan furnitur? Berikut beberapa point penting yang harus Anda pahami saat merawat furnitur kesayangan Anda.

 

1. Mengetahui Jenis Material

Kayu, kain, kulit, plastik, rotan dan lain-lain memiliki perawatan yang berbeda. Misalnya, material kayu setelah dibersihkan lebih baik setelahnya melakukan pemolesan.

Perawatan ini khusus untuk furnitur kayu agar dapat membantu mengembalikan kilau dan melindungi permukaan. Pastikan Anda menggunakan cairan pembersih yang tidak mengandung alkohol dalam jumlah tinggi karena dapat merusak permukaan cat/kayu.

Untuk material kain/fabric, lakukan pembersihan dengan vacuum cleaner dan bersihkan sampai ke sela-sela furnitur.

 

Image: Fabric and material details by Vinoti Living

 

 

2. Melakukan Pembersihan Secara Rutin

Gunakan kain atau sikat dengan bulu yang lembut saat membersihkan furnitur. Mengelapnya dengan kain setengah basah, atau peras dengan baik biasanya hal ini sudah cukup, setelah itu pastikan permukaan furnitur kering dengan sendirinya.

Hindari menggunakan cairan pembersih yang mengandung amonia karena amonia berpotensi merusak furnitur bermaterial kayu. Merawatnya secara rutin dapat membuat keluarga Anda terbebas dari gangguan kesehatan. Jika ada noda pada furnitur kayu usahakan untuk segera dibersihkan agar tidak berbekas.

Image: Calla L-Shape 3-Seat Sofa design by Ruang Harsa

 

 

3. Menjauhkan Letak Furnitur dari Sumber Panas

Sinar matahari yang langsung mengenai furnitur, membuat material menjadi mudah aus atau warnanya luntur. Panas matahari juga dapat memberikan bekas atau noda pada beberapa material sehingga Anda perlu berhati-hati dalam menempatkan furnitur kesayangan Anda.

Mengapa Anda perlu membersihkan secara rutin? Karena ada banyak alasan yaitu, Anda dapat menjaga penampilan furnitur agar tetap seperti baru, tampilan furnitur akan senantiasa bersih, Anda juga menjaga kualitas udara dalam hunian dan tidak mengambil resiko membuat anggota keluarga Anda sakit, sehingga siapapun yang ada dalam rumah merasa nyaman.

Dengan membersihkan furnitur Anda secara teratur, Anda lebih banyak mendapatkan manfaat dan keuntungan. Selamat mencoba!

 

 

 

Sumber Bacaan:

https://www.kleenrite.ca/why-its-important-to-clean-upholstery-regularly