My Cart

Close

How Your Interior Reflects Your Personality

How Your Interior Reflects Your Personality

Kepribadian setiap orang sangat berbeda satu sama lain. Maka, berbeda juga preferensi desain interior setiap orang. Kita tahu bahwa rumah menjadi tempat terbaik di mana kita dapat menghabiskan sebagian besar waktu bersama orang-orang tersayang. Pastinya rumah yang ideal harus menjadi tempat yang dapat memenuhi rasa aman dan nyaman saat kita bersantai.

 

Sadarkah Anda bahwa gaya desain interior pada hunian dapat menggambarkan kepribadian dan karakter? Hal itu dapat dilihat dari dekorasi yang Anda pilih. Bahkan, tanpa disadari ruang yang Anda tempati sangat jelas mencerminkan sifat, minat dan keunikan pemiliknya. Lalu, bagaimana cara mengetahui dengan tepat gaya desain yang sangat mewakili Anda?

 

Image source: https://www.rawpixel.com/image/388688

 

Coba perhatikan dan lihatlah sekeliling rumah Anda. Apakah Anda seorang yang sangat modern, minimalis dengan tampilan sederhana, menyukai tampilan eklektik atau bergaya industrial, dll. Faktanya, rumah seperti kanvas kosong yang dapat diisi sesuka hati sesuai dengan keinginan pemiliknya. Sehingga setiap gaya desain interior pasti memiliki hubungan unik dengan kepribadian pemilik. Ada beberapa gaya yang mungkin salah satunya mirip dengan suasana pada hunian Anda, diantaranya sebagai berikut.

1. Gaya Desain Scandinavian

Pemilik yang memiliki suasa rumah bergaya scandivian cenderung ramah, modis dan memiliki ketertarikan kepada budaya dan gaya yang sederhana tidak rumit. Sehingga terciptanya suasana hunian yang nyaman karena gaya ini memiliki dua poin penting. Fungsional dan minimalis adalah kunci untuk mencapai tampilan interior scandinavian. Selain itu palet warna nya netral dan bisa dikombinasikan dengan material kayu. Permainan tekstur pada gaya scandivian dan penataan cahaya yang hangat semakin meningkatkan suasana yang diharapkan.

 

Image: Chelsea Collection

 

2. Gaya Desain Interior Minimalis

Pemilik dengan kepribadian yang introvert, terorganisir, teratur dan efisien, sangat cocok dengan tampilan interior yang minimalis. Desain minimalis menggunakan elemen desain yang menghilangkan semua kerumitan dalam artian tidak terlalu banyak pola yang ramai, sehingga mencari desain yang paling sederhana. Semua terlihat bersih dan rapi namun tetap memiliki nilai estetika.

 

Image: Projects by Rakta Studio
Product Vinoti Living : Aztec L-Shape 3-Seat Sofa

 

3. Gaya Desain ala Rumah Pertanian Modern

Unsur gaya pedesaan diikuti dalam gaya desain interior yang klasik ini. Suasana baru dapat terlihat dari perabot dengan warna-warni. Tempat duduk yang nyaman disertai bantalan yang lebar cukup untuk menyambut banyak orang untuk berkumpul. Aksen yang berasal dari perabot bekas menjadi sentuhan akhir untuk mencapai gaya ini. Biasanya memilki penghuni yang klasik tapi tetap trendi.

 

Image: Ilustrasi farmhouse design (https://pixabay.com/id/photos/dapur-real-estat-desain-interior-1940177/)

 

4. Gaya Desain Interior Klasik

Seseorang yang tenang dan elegan akan cocok dengan gaya interior yang klasik. Berasal dari Eropa abad ke-17, desain klasik mencakup warisan sejarah yang kental disertai dengan elemen desain yang khas. Skema warna pada gaya ini menggunakan warna netral yang tenang seperti hijau zaitun, krem dan emas. Kini, banyak juga yang telah memadukan gaya desain klasik dengan modern menghasilkan gaya yang tidak kalah mewah.

 

Image: Design by Hidajat Endramukti
Product Vinoti Living : Slimline 3-Seat Sofa
 

5. Gaya Desain Interior Modern

Kepribadian pemilik gaya interior modern biasanya juga memiliki gaya hidup terorganisir. Tinggal di rumah dengan desain yang ramping dan sederhana yang berfokus pada fungsi dan tata letak. Gaya desain modern mencakup elemen garis yang bersih tidak banyak pola. Warna primer yang biasa dipakai adalah warna hitam, putih dan warna netral dengan warna cerah yang digunakan sebagai aksen.
Image: Projects by Vinoti Living

 

Setiap pilihan kita dalam mendesain gaya ruangan memiliki kecenderungan dipengaruhi oleh kepribadian kita. Hal ini terlihat saat akan memilih elemen interior untuk rumah dengan berbagai pertimbangan. Kita akan mempertimbangkan desain, bentuk, warna, pola, tekstur yang sesuai dengan preferensi masing masing.
Berdasarkan ulasan diatas manakah yang paling sesuai antara gaya desain dan kepribadian Anda? Atau Anda merasa bahwa hal ini sangat unik ketika memadu-madankan berbagai gaya dalam ruangan? Silahkan tulis pengalaman Anda di bawah ini.

 

 


Sumber bacaan:

- https://www.mymove.com/home-inspiration/decoration-design-ideas/can-design-deSeescribe-pe rsonality-owner/

- https://trinity-homes.com/interior-design-style-personality