My Cart

Close

Cara Merawat Meja dan Kursi Makan dengan Benar

Cara Merawat Meja dan Kursi Makan dengan Benar

Sering kita temui meja dan kursi di ruang makan menggunakan material berbahan kayu. Material ini sangat populer untuk rumah tangga kebanyakan dikarenakan bahannya mudah didapat dan banyak penjual yang menawarkan dengan berbagai model dan harga sesuai dengan tingkat kualitasnya, selain itu furnitur kayu memberikan kesan alami pada ruangan.

 

Ruang makan memiliki fungsi untuk mendukung banyak kegiatan, tidak hanya sebagai ruang makan bersama keluarga. Ruang ini juga sering digunakan untuk anak-anak belajar bersama, atau ibu-ibu yang arisan bersama teman-temannya. Sehingga area ini perlu diatur tetap bersih dan rapi agar siapapun yang memakainya merasa nyaman.

 

Namun dibalik keunggulannya, furnitur berbahan kayu juga memiliki kekurangan jika tidak dirawat dengan benar yakni rentan jamur, dimakan rayap ataupun retak karena usia. Lalu bagaimana perawatan furnitur ruang makan yang terbuat dari kayu? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Image : Belle Dining Table & Belle Dining Chair

 

 

 

 

1. Rutin Bersihkan Meja Anda

Ini mungkin merupakan tugas yang mudah dilakukan untuk tidak membiarkan terjadinya penumpukan debu. Hal ini dapat menggores dan merusak permukaan kayu. Bersihkan dengan menggunakan kain berbahan microfiber dan gosok dengan lembut.

 

Image: Hampton Armless Dining Chair & Hampton Round Dining Table

 

Saat setelah menggunakan ruang makan, jangan tinggalkan remah-remah dan makanan di atas meja makan. Mungkin tampak remeh, namun noda sisa makanan bisa saja menempel pada permukaan meja.

Lalu, usahakan untuk tidak menggeser piring atau benda lain di atas meja, agar tidak mengggores permukaannya, biasakan diri untuk mengangkatnya ketika memindahkan.

 

2. Bersihkan Secara Menyeluruh

Lap mebel Anda dengan kain dan sabun yang ringan, campurkan ke dalam air. Pastikan untuk membersihkan setiap bagian dan titik-titik yang rentan dengan tumpukan debu, setelah selesai jangan langsung meninggalkan meja maupun kursi makan Anda dalam keadaan basah.

 

Image source: https://greenfrogcleaning.com/wp-content/uploads/2017/06/how-getting-organized-made-cleaning-easier.jpg

 

Untuk melindungi kerusakan langsung pada permukaan mebel tambahkan table runners. Penggunaan alas piring dan tatakan gelas juga akan membantu mencegah kerusakan akibat panas makanan dan terhindarnya kayu dari noda minuman/kuah.

 

3. Perawatan Jangka Panjang

Bagaimana jika mebel Anda sudah bertahun-tahun digunakan namun memiliki banyak kenangan di dalamnya? Anda pasti ingin mempertahankan meja maupun kursi Anda.

Jika kerusakannya tidak terlalu parah dan masih dapat diperbaiki, Anda dapat memolesnya kembali sesuai dengan finisihing mebel tersebut atau Anda ingin tampilan yang baru. Dan, Anda akan mendapatkan kembali mebel seperti baru pertama membelinya.

 

Image: Slimline Dining Table & Slimline Dining Chair

 

Untuk penempatan furnitur ruang tamu berbahan kayu, usahakan untuk menjauhkannya dari jangkauan matahari langsung dan tempat yang terlalu lembab agar tidak mudah jamuran. Jika tidak memungkinkan, maka gilirlah secara rutin mebel Anda agar tidak terkena cahaya matahari secara terus menerus.
 

4. Jika kursi makan Anda dilapisi dengan material fabric.

Gunakan vacuum cleaner untuk memudahkan Anda dalam membersihkan sela-sela kursi agar tidak ada debu yang tersisa. Jika ada noda pada permukaan kursi, jangan dibiarkan terlalu lama, segera lap sesegera mungkin karena dapat membuat noda sulit dibersihkan.

 

Image: Presidio Rectangular Dining Table & Presidio Dining Chair

 

Merawat furnitur ruang makan sebaiknya dijadikan sebagai rutinitas, baik perawatan harian, mingguan atau tahunan dan sadar akan penting nya perawatan untuk menjaga furnitur kesayangan Anda agar lebih tahan lama.

 

Perlu diingat bahwa furnitur berkualitas tinggi memang akan memiliki umur pemakaian yang jauh lebih lama. Tapi dengan perawatan yang rutin akan lebih membantu furnitur tetap terjaga kualitasnya.

 

Jika dirasa perlu, perbaiki dengan poles meja makan Anda agar tetap mengkilat. Untuk menghindari goresan pada permukaan apa pun, berhati-hatilah terhadap perhiasan, cakaran hewan peliharaan, dan sumber panas. Selamat merawat!

 

Sumber Bacaan:

- https://www-thekitchn-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.thekitchn.com/how-to-maintain-a-woode%20n-dining-table-165534?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&amp=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACA%20w%3D%3D#aoh=16253650665028&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Fro%20m%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.thekitchn.com%2Fhow-to-maintain-a-wooden-dining-table-165534