Apa Perbedaan Furnitur Kontemporer dan Klasik?

Bagaimana cara membedakan furnitur Kontemporer dan Furnitur Klasik?

 

Banyak orang yang sulit membedakan antara gaya kontemporer dengan desain bergaya klasik. Gaya desain kontemporer sering sekali di samakan dengan gaya modern.  Padahal kedua gaya ini sangat berbeda. Desain interior bergaya modern lebih kaku dibandingkan gaya kontemporer yang lebih bebas.

Hal ini juga mempengaruhi rancangan bentuk desain pada furnitur bergaya kontemporer. Gaya ini memiliki ciri khas dari bentuk nya yang lebih fleksibel, variatif dan lebih dinamis.

Material furnitur yang digunakan dalam mengaplikasikan desain kontemporer yaitu perpaduan antara tekstur dan material yang mengkilap menunjukkan tekstur asli nya.

 

 1. Gaya Kontemporer

Ruang Tamu Gaya KontemporerBentuk yang diaplikasikan pada furnitur dan elemen interior akan berasal dari garis yang ramping disertai kontras. Banyak sekali desainer yang merekomendasikan penerapan gaya kontemporer untuk hunian kliennya.
 
Hasil yang ditampilkan setelah merancang interior, menambah furnitur kontemporer dan melengkapi dekorasi, membuat suasana nya tidak terlalu minimalis seperti modern namun, ruangan ini memiliki cita rasa mewah juga, sehingga lebih dinamis.
 
Warna yang dipilih untuk furnitur kontemporer akan cenderung ke warna netral dingin, sementara warna pada furnitur desain klasik akan lebih hangat karea didominasi material kayu.
 
Image : Lyra Collection By Vinoti Living

 

 

 2. Gaya Klasik

Interior Bergaya KlasikSedangkan gaya klasik lebih erat kaitannya dengan persepsi bahwa gaya ini hampir mirip dengan desain tradisional.
  
Padahal kedua gaya ini saling bertolak belakang. Kalau dilihat, desain klasik akan lebih sangat jelas menunjukkan kemewahan yang kental dari Eropa atau Yunani, konsep interior klasik ini memberikan kesan suatu hal yang sangat megah.
  
Furnitur klasik ukurannya akan lebih besar dibandingkan furnitur desain kontemporer. Selain itu biasanya, gaya klasik lebih fokus menunjukkan detail bentuk atau memiliki motif yang terbilang rumit untuk menciptakan kesan elegan dan mewah.
  
Salah satu ciri khas nya pada desain sofa klasik adalah adanya sandaran yang lebar disertai wingback disertai dudukan untuk kaki bersandar seperti ottoman.
 
Image : Savoy Collection By Vinoti Living

 

 

Dapat disimpulkan bahwa memilih furnitur kontemporer dan gaya klasik akan sama sama memberikan rasa elegan. Namun jika anda memiliki hunian yang ingin menonjolkan sifat mewah, desain klasik sangat cocok untuk dimiliki.
 
Sedangkan hunian yang lebih mengacu pada era saat ini atau trendi, Anda dapat memilih furnitur kontemporer dengan desain yang rapi dan ramping.

Simak juga tentang 6 Items to Add Luxury to Your Home