My Cart

Close

This Layout will Make Your Room More Spacious

This Layout will Make Your Room More Spacious

Ruang keluarga adalah tempat di mana kita sering menghabiskan sebagian besar waktu dengan bermacam - macam kegiatan yang dapat dilakukan di ruang tengah ini. Seperti menonton acara televisi/film, sekadar bercengkrama, dan menyambut teman dekat saat datang berkunjung ke rumah. 

Karena ruangan ini sering digunakan sebagai pusat kegiatan dalam rumah. Lalu? Bagaimana cara agar ruang keluarga terasa lebih luas? Sehingga ketika melakukan kegiatan bersama-sama tidak terasa sesak atau sempit meskipun ada banyak orang di dalamnya. Berikut tips yang dapat Anda coba terapkan di rumah, cara ini efektif bagi Anda yang tidak memiliki ruangan yang cukup luas. Yang terpenting dalam menciptakan ruangan terkesan lebih luas dimulai dari menata furnitur dalam ruangan. 
 
Desainer interior memulai pekerjaannya dengan menyusun tata ruang terlebih dahulu. Tahap ini dilakukan setelah memeriksa apa saja permasalahannya seperti luas ruangan dibandingkan dengan besaran dan jumlah furnitur, serta keinginan dan kebutuhan penghuni terhadap ruangan. Penataan furnitur akan berpengaruh pada kerapian dan keindahan ruang keluarga nantinya. Dampaknya bagi penghuni rumah yakni membuat segala kegiatan pada ruang keluarga terasa menjadi lebih efektif.
 

1. Pertanyaannya adalah apa kegunaan ruang tersebut?

Sebagai penghuni rumah, Anda pasti mengetahui hal apa saja yang sering dilakukan di ruang keluarga. Selain berkumpul dan berbincang, mungkin ruang ini juga menjadi tempat untuk menerima tamu, hal ini untuk mempertimbangkan kapasitas ruangan. Anda juga akan memerlukan sebuah meja untuk meletakkan minuman atau sajian makanan. Letakkan Hampton Coffee Table yang area bawahnya dapat digunakan untuk menyimpan barang barang koleksi Anda.
 
Apabila Anda juga menggunakan ruang ini untuk menyimpan barang - barang Anda pertimbangkan untuk menggunakan furnitur yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan sekaligus misalnya sofa dan ottoman selain rak/lemari tentunya. Namun apabila Anda menggunakan perabot lama maka dibutuhkan tata ruang yang tepat.
Image :  La-Vida Storage 3-Seat Sofa & La-Vida Storage Ottoman
Pilihlah La-Vida Storage 3-Seat Sofa dan Ottoman yang memiliki ruang penyimpanan di bawahnya sehingga sangat efisien. Memang tidak ada yang benar dan salah dalam menata ruangan karena setiap ruangan itu unik, setiap ruangan memiliki kebutuhan dan masalahnya masing masing, sehingga harus mempunyai solusinya tersendiri.
 
Image: Inspirasi ruang keluarga design by Haris & Devi Calista

 

2. Simetris dan Rapi

Membuat ruangan yang simetris dengan menarik garis lurus, memberikan kesan visualnya yang sama antara sisi kanan dan kiri juga dapat membantu memberikan efek ruangan yang lebih luas. Barang-barang yang tertata demikian memudahkan penghuni untuk selalu rapi dikemudian hari karena langsung dapat merasakan perbedaannya.
 
Simetris juga berarti Anda perlu menentukan di mana letak titik fokus ruangan. Tentukan terlebih dahulu posisi titik fokus sebelum Anda mulai menambahkan furnitur ke dalam ruang yang kosong. Pertimbangkan kondisi ruangan seperti letak bukaan pintu, jendela dan jika ada kolom di dalam ruangan. Setelah itu, tambahkan aksesoris sebagai dekorasi sehingga tercipta ruangan yang cantik.

 

 

3. Pertimbangkan Jarak Antar Furnitur

Pastikan Anda mengetahui berapa total luas ruang keluarga, hal ini berguna untuk menentukan jumlah furnitur dan sirkulasi gerak pada ruangan. Jika memiliki ruangan yang tidak begitu luas, pilihlah sofa sederhana dengan 2-seat atau 3-seat sekaligus yang bentuknya ramping, disesuaikan dengan ruangan yang tersedia. Untuk sisanya, Anda dapat meletakkan meja kopi berukuran kecil cukup untuk sekadar meletakkan minuman.
 
Jika ruangan Anda lebih luas, kombinasikan sofa L-Shape atau sofa 3-seat dengan 1 lounge chair, cara ini dapat menjadi alternatif pilihan dalam menentukan kombinasi tempat duduk. Tetap perhatikan untuk memberi jarak pada setiap furnitur agar memudahkan akses ketika berkegiatan di ruangan ini.
 
Image : Living room with Lyra Collection
Setelah mengetahui furnitur apa saja dan letaknya dimana, Anda dapat mulai menentukan pilihan warna, material dan tekstur pada furnitur. Setelah itu, pilih dekorasi yang tepat dan meletakkannya pada titik fokus ruangan sebagai aksen yang menawan. Jangan lupa memanfaatkan dinding untuk memajang cermin besar. Cermin berguna untuk menciptakan ilusi pada ruangan agar terlihat lebih luas. Menambahkan tanaman artifisial dipojok ruangan membuat ruangan terasa segar namun jangan sampai terlalu banyak.

Ciptakan ruang keluarga yang optimal dan cantik. Jika Anda membutuhkan saran dan masukan atau Anda membutuhkan desainer untuk menata ruangan Anda jangan sungkan untuk menghubungi kami, baik lewat whatsapp atapun kunjungi langsung store kami yang paling dekat dengan Anda. Kami akan siap memberikan saran terbaik.

 

 

 

Diolah dari berbagai sumber: