My Cart

Close

Tips Merawat Furniture Kayu Saat Cuaca Panas

Posted on June 14 2019

Saat ini kita mulai memasuki musim kemarau, tentu saja cuaca terasa begitu panas. Kayu adalah salah satu material dalam rumah kita yang akan terkena dampak langsung maupun tidak langsung karena cuaca ini. Jika Anda termasuk orang yang membeli furniture kayu solid berkualitas, maka investasi ini patut dilindungi agar warnanya tetap terjaga dan masa pakai dapat berlangsung lebih lama. Vinoti Living akan memberikan beberapa tips yang akan membantu Anda merawat furniture kayu dengan benar.

1. Jangan terkena sinar matahari langsung.

Untuk furniture yang letaknya terpaksa dekat dengan jendela pasanglah tirai dan tutup saat terkena cahaya matahari langsung. Paparan secara langsung dapat membuat warna kayu memudar. Jika memungkinkan, pindah furniture Anda ke tempat yang jauh dari jangkauan paparan cahaya matahari langsung dengan cara diangkat, jangan digeser untuk menghindari lecet, patah atau kerusakan lainnya.

2. Perhatikan kelembaban ruangan.

Kayu bereaksi terhadap perubahan suhu dan kelembaban. Kayu dapat mengembang saat kelembaban tinggi yang dapat disertai jamur, rayap dan serangga kayu lainnya. Namun sebaliknya, dapat menyusut, retak atau pecah saat kelembaban turun. Jagalah kelembaban ruangan tetap ideal yakni sekitar 45% - 65% dengan menggunakan pendingin ruangan atau kipas angin agar sirkulasi udara tetap baik.

3. Gunakan alas.

Jangan meletakkan minuman dingin dan kopi langsung di permukaan furniture kayu Anda, gunakanlah Runner atau tatakan. Jika basah, segera lap hingga kering. Gelas minuman dapat meninggalkan noda air berbentuk lingkaran di atas permukaan furniture kayu. Selain itu tatakan juga dapat melindungi furniture Anda dari goresan.


4. Rutin bersihkan.

Membersihkan furniture kayu Anda dari debu secara teratur dengan pembersih khusus adalah cara yang tepat. Banyaknya jenis kayu dan finishing mempengaruhi cara perawatannya. Hindari menggunakan air karena dapat merusak cat kayu dan vernis.

5. Hubungi ahlinya.

Untuk furniture yang warnanya terlanjur pudar atau berubah, Anda dapat menghubungi ahli yang dapat memoles warnanya menjadi seperti baru kembali. Atau Anda dapat menghubungi toko terdekat kami, dan tim kami akan menjadwalkan kunjungan untuk memeriksa kondisi furnitur Vinoti Living Anda.

          Sangat penting untuk menjaga furniture kayu Anda tetap dalam kondisi baik. Produk – produk Vinoti Living banyak menggunakan kayu solid yang merupakan bahan organik, penampilannya dapat bervariasi dari musim ke musim tergantung faktor alam. Namun kami melakukan pengeringan kayu dan finishing secara optimal untuk mempertahankan kelembaban sehingga muai susut relatif lebih kecil. Maka tidak perlu ragu lagi untuk membeli produk kami dan dapatkan penawaran menarik!