My Cart

Close

Pentingnya menambahkan cushion atau bantal sofa dalam dekorasi ruangan anda.

Posted on September 27 2019

Satu lagi elemen dekorasi yang mampu mengubah tampilan ruangan adalah cushion atau bantal sofa. Benda empuk ini kadang terlupakan karena menganggapnya hanya sebagai penopang tubuh ketika duduk atau tidur – tiduran di sofa. Padahal jika kita ulik lebih jauh cushion dapat menjadi aksen menarik yang mudah disesuaikan dengan tren dan musim hanya dengan mengganti covernya saja.

Tidak ada aturan baku dalam menata cushion, seperti seni Anda bebas memadupadankan warna, bentuk, dan teksturnya. Untuk Anda yang cepat bosan dan menginginkan ruangan bertema tertentu namun masih bingung mau memulainya dari mana, simak tips dari Vinoti Living berikut untuk mendapatkan inspirasi tampilan ruang yang sesuai dengan nuansa yang Anda inginkan.

MOTIF DAN WARNA

Ketika memilih motif, perhatikan keseluruhan warna dominan ruangan dan warna dasar sofa anda terlebih dahulu, nuansa apa yang anda inginkan? jangan sampai warna dan konsepnya tabrakan satu sama lain. Jika Anda bingung, cukup memilih warna dan motif gradasi dari gelap ke terang dari salah satu warna. Untuk warna kombinasi pilihlah satu warna netral sebagai warna dasar dan satu lainnya sebagai warna aksen, maksimum 2 warna. Pakailah panduan roda warna agar lebih mudah.

image from https://www.lifehacker.com.au/2014/10/learn-the-basics-of-color-theory-to-know-what-looks-good

Warna sofa Anda yang netral tentu lebih memudahkan Anda dalam memilih. Namun bagaimana jika Anda memiliki sofa dengan motif dan warna yang mencolok? Pilihlah motif dan warna yang netral sebagai penyeimbang, serta tambahkan cushion dengan warna gradasi dari sofa tersebut untuk mempermanis tampilan sofa. Jika Anda berani mencoba, ambillah warna dari ambience tone ruangan anda, mungkin dari warna lantai, dinding atau dekorasi lainnya seperti bunga dan karpet sehingga membentuk kesatuan yang utuh dalam satu ruangan.

 

Cushion dapat menunjukkan tren musim yang sedang berjalan misalnya warna biru linen menunjukkan musim panas, warna hijau menunjukkan nuansa tropis, warna orange untuk musim gugur bahkan bahan beludru dapat menunjukkan nuansa musim dingin.

SKALA DAN BENTUK

Cushion tidak selamanya berbentuk persegi, cushion hadir dengan beragam bentuk mulai dari persegi panjang, bulat, bintang ataupun bentuk tokoh kartun. Jika anda ingin bereksperimen dengan cushion – cushion ini perhatikan tema ruang anda apakah ruangan bertema santai atau formal, klasik atau modern? Karena jika sembarangan meletakkan cushion bukan menambah keindahan ruangan namun akan mengacaukan konsepnya.

 

image from https://id.pinterest.com/

Kebanyakan orang memilih cushion standar ukuran 40x40 cm dan 45x45 cm. Jika semua ukuran dan bentuknya sama, mungkin akan terasa membosankan. Cobalah untuk memadukan antara ukuran, bentuk dan warna sehingga terlihat lebih dinamis. Seperti contoh gambar di bawah ini sofa penuh dengan cushion yang disusun dari ukuran paling besar ke ukuran kecil namun tetap terlihat rapi.

 

TATA LETAK DAN JUMLAH CUSHION

Jumlah cushion dapat ditentukan tergantung dari dudukan/seater sofa Anda. Sofa dengan 1-seater cukup meletakkan 1 cushion saja, sedangkan pada sofa 3-seater anda dapat meletakkan 4 atau 5 cushion. Namun sebenarnya jumlah bantal juga tergantung dari style ruangan anda, klasik atau modern dapat ditentukan dari jumlah cushion yang dipakai. Tampilan modern biasanya memakai cushion dengan jumlah ganjil dengan isian penuh sedangkan tampilan klasik anda dapat memakai cushion yang rata.

  

Berikut ini beberapa contoh susunan cushion:

  • Balance Cushion Arrangement

Mulailah dengan meletakkan cushion milik Anda yang ukurannya paling besar, lalu mengecil ke depan.  Akhiri dengan cushion mungil sebagai aksen.

  • The 2 – 1 Cushion Arrangement

Susunan ini terdiri dari dua cushion yang diletakkan di salah satu ujung sofa dan satu cushion di ujung lainnya. Susunan sederhana ini untuk Anda yang memiliki sofa dengan motif maupun bentuk yang berbeda satu sama lain.

  • Double Sides Arrangement

Tampilan yang didapatkan dari susunan cushion ini adalah elegan dan timeless, karena perasaan simetri dari ruangan dapat langsung terasa. Letakkanlah cushion ukuran lebih besar diikuti cushion yang kecil di sisi kanan – kiri sofa.

  • Central Cushion Arrangement

Untuk tampilan sofa yang lebih santai dan estetis letakkan cushion ditengah secara berkelompok. Susunan ini untuk mengakomodasi ukuran sofa yang kecil.

image from http://www.nomadicdecorator.com/2013/10/26/well-traveled-homes/
  • Separated Trio Arrangement

Susunan ini mengakomodasi Anda yang memiliki banyak motif dan bentuk. 3 cushion di sebelah kanan dan sebelah kiri mampu menghasilkan tampilan sofa yang dinamis dan tidak monoton.

 image from https://www.refinery29.com/en-us/homepolish/1

Demikian beberapa tips sederhana cara mengatur cushion atau bantal sofa yang dapat Anda coba. Buatlah ruang Anda lebih menarik dengan kreasi Anda.

Semoga bermanfaat.